Tanda Kualifikasi Khusus untuk Pembina dan Pelatih Pembina

 Setelah kita mengetaui tentang Narakarya dan Naratama berikut dengan uraian terkait dokumen – dokumen yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kita juga perlu mengetahui tentang Tanda Kualifikasi Khusus untuk Pembina dan Pelatih Pembina.

Pada Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 047 Tahun 2018 tentang Pedoman Anggota Dewasa setidaknya ada 4 Tanda Kualifikasi Pembina dan Pelatih Pembina.

A. Tanda Kualifikasi Pembina Satuan
Tanda kualifikasi pembina satuan berbentuk Badge dengan ukuran 5 x 3 cm dengan dasar warna sesuai kemahirannya dan bertuliskan PEMBINA dipasang di lengan kiri bawah pada seragam pramuka.

Tanda Kualifikasi Pembina Satuan. Sumber SK Kwarnas Nomor 047 Tahun 2018

Makna Badge

  • Warna Ungu menunjukkan warna Anggota Dewasa
  • Warna Hijau menunjukkan warna Golongan Siaga
  • Warna Merah menunjukkan warna Golongan Penggalang
  • Warna Kunin menunjukkan warna Golongan Penegak
  • Warna Coklat menunjukkan warna Golongan Pandega
  • Tulisan Pembina menyatakan kualifikasi pembina satuan Penggunaan

B. Tanda Kualifikasi Pembina Mahir
Tanda Kualifikasi Pembina Mahir terdiri atas Pita Mahir dan Selendang Mahir

  1. Pita Mahir
    Pita Mahir adalah tanda berupa pita berwarna ungu tua dan warna sesuai golongan kemahiran di bagian tengahnya sebagai penanda bahwa yang bersangkutan sudah menerima lisensi sebagai pembina mahir. Pita Mahir mengandung makna sebuah tanggungjawab dalam mengantarkan peserta didik menjadi manusia yang sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.

    Pita Mahir. Sumber SK Kwarnas Nomor 047 Tahun 2018
  2. Selendang Mahir
    Selendang Mahir tanda berupa selendang dengan corak batik berwarna putih dengan motif lidah api, jantung, keris dengan warna dasar ungu tua.

    Selendang Mahir. Sumber SK Kwarnas Nomor 047 Tahun 2018

    Arti Kiasan Selendang Mahir:

    • Lidah api: Menunjukan bahwa Seorang Pembina Mahir selalu bersemangat dalam membina dan menjadi juru penerang bagi peserta didiknya dan dimanapun mereka berada.
    • Jantung: Selama Jantung masih berdetak di dada, seorang Pembina Mahir selalu tetap mengabdikan diri dengan Ikhlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawa Laksana.
    • Senjata/ Keris: Seorang Pembina Mahir memiliki sumber daya dan cara pemikiran yang selalu tajam serta tanggap dengan lingkungannya.
    • Warna Ungu: kehebatan, keutamaan.
    • Warna Putih: Hati yang suci dan memiliki jiwa Ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana dalam menjalankan tugas sebagai pembina.

C. Tanda Kualifikasi Pelatih
Tanda kualifikasi Pelatih berbentuk Badge dengan ukuran 5 x 3 cm dengan dasar warna ungu tua dan tulisan PELATIH warna perak untuk Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar dan warna emas untuk Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan

Tanda Pelatih. Sumber SK Kwarnas Nomor 047 Tahun 2018

D. Tanda Kualifikasi Internasional
Tanda Kualifikasi internasional terdiri atas Manik Kayu (wood beads) dan Setangan Leher Gilwell (Gilwell Scarf)

  1. Manik Kayu
    Manik Kayu (Wood beads) adalah tanda kualifiaksi Pembina dan Pelatih Pembina di tingkat internasional yang dikenakan
    saat Anggota Dewasa berkegiatan internasional. Manik Kayu berbentuk kalung dari kulit dengan manik-manik terbuat dari kayu. Manik Kayu terdiri atas tiga macam yaitu:

    • Manik Dua Kayu adalah penanda bahwa yang bersangkutan sudah memiliki lisensi sebagai Pembina Mahir Lanjutan
      (Woodbadge).
    • Manik Tiga Kayu adalah penanda bahwa yang bersangkutan sudah menerima lisensi sebagai Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (Assistant Leader Trainer).
    • Manik Empat Kayu adalah penanda bahwa yang bersangkutan sudah menerima lisensi sebagai Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (Leader Trainer).
    Manik Kayu. Sumber SK Kwarnas Nomor 047 Tahun 2018
  2. Setangan Leher Gilwell (Gilwell Scarf)
    Tanda lain yang berlaku secara Internasional adalah Gillwell Scarf yang merupakan Setangan Leher berwarna Khaki yang hanya dikenakan saat pelatihan orang dewasa di tingkat internasional. Gillwell Scarf digunakan tidak bersamaan dengan setangan leher Gerakan Pramuka dan dapat dikenakan saat tidak berseragam pramuka.

Itulah Tanda Kualifikasi Khusus untuk Pembina dan Pelatih Pembina dalam Gerakan Pramuka.


sumber : https://pramukadiy.or.id/tanda-kualifikasi-khusus-untuk-pembina-dan-pelatih-pembina/

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama