Refleksi Pertemuan Perdana Pendidikan Guru Penggerak Dede Yusuf Angkatan 10

 


Setelah pertemuan pertama zoom meeting bersama Fasilitator kelas kami. Refleksi saya dalam pertemuan ini yaitu 
1. Apa saja yang sudah di pelajari?
Saya yang dari tidak tahu menjadi. terkait materi 1.1 Filosopi KHD ini dan selain dari membaca modul dan beberapa artikel. saya juga menyimpulkan materi yang menarik ttg KHD ini. Beberapa diantaranya yaitu :
Asas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara (KHD) membedakan kata Pendidikan dan Pengajaran dalam memahami arti dan tujuan Pendidikan. Menurut KHD, pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Sedangkan Pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Jadi menurut KHD (2009), “pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya”.
Ki Hadjar Dewantara memiliki semboyan yang sangat terkenal yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo artinya nmenjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan. Ing Madyo Mbangun Karso, artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat. Tut Wuri Handayani, seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.
Dasar Dasar Pendidikan yang Menuntun
KHD menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat
Kodrat zaman dan Kodrat Alam
KHD hendak mengingatkan pendidik bahwa pendidikan anak sejatinya menuntut anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zaman. 
Budi Pekerti
Menurut KHD, budi pekerti, atau watak atau karakter merupakan perpaduan antara gerak pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Budi pekerti juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara Cipta (kognitif), Karsa (afektif) sehingga menciptakan Karya (psikomotor). 
2. Apa yang belum dipahami?
beberapa memang ada yang belum paham. dari intruksi yang dengan bahasa tinggi menurut kami, jadi saya perlu pemahaman berulang untuk tahu maksud dan tujuan dari instruksi yang ada di modul / jurnal ini.


3. Langkah kecil apa yang akan anda lakukan sekarang?

Setelah berbagi / sharing dari pertemuan perdana bersama ibu Fasilitator saya menjadi selangkah lebih percaya diri dan bangga menjadi profesi sebagai guru. Tentunya saya juga sangat bahagia dan optimis dalam mengikuti pendidikan guru penggerak ini dan berharap lebih focus dalam mengikuti kegiatan serta mengutamakan guru penggerak setelah proses pembelajaran di kelas.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama