LEARNING JURNAL EPISODE KE 8 SISTA PRAJA

 

JURNAL REFLEKSI  EPISODE Ke-8

KOLABORATIF

 

Pelatihan SISTA PRAJA

Sistem Pembelajaran Aparatur Jabar Diajar

 

Oleh: DEDE YUSUF, S.Kom

SMAN 1 CIKARANG TIMUR

 

 

Pada jurnal episode ke-8  ini saya menggunakan model 4F, F yang pertama adalah Fact menggambarkan peristiwa apa saja yang saya alami selama pembelajaran ini.  F yang kedua adalah Feeling menggambarkan perasaan yang saya alami selama pembelajaran ini. F yang ketiga adalah Finding atau pembelajaran, jadi selama pembelajaran ini saya sudah memperoleh pembelajaran apa saja. Kemudian F yang terakhir adalah Future atau penerapan atau implementasi penjabaran perbaikan atau hal-hal apa saja yang peroleh selama pembelajaran ini.

          F yang pertama yakni Fact  atau peristiwa. Peristiwa yang pertama adalah saya mengikuti materi dari di LMS tentang Pelatihan Diklat sista Praja ini, saya menyambut baik pelatihan ini dilaksanakan secara daring dan berbasis LMS dari dinas BPSDM Provinsi Jawa Barat dan Alhamdulillah saya bersyukur kepada  Allah Yang Maha Kuasa bisa Login  dan ikut dalam pelatihan ini. Kemudian kita menjalani sistem pembelajaran secara daring merdeka, bisa kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan gawai kita. Adapun episode kedelapan ini yaitu Kolaboratif. Adapun panduan perilaku Kolaboratif adalah memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, dan menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama... Semangat dari penyeragaman core values ini adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman hingga akhirnya implementasi budaya kerja sesuai core values menjadi mindset seluruh ASN dalam menjalankan tugasnya.

 

Adapun F yang ke dua. Feeling atau perasaan mengikuti pendidikan selama ini yakni seru, optimis, bahagia, senang dan mulai percaya diri saya meningkat. Kemudian Finding atau pembelajaran pada minggu ini saya bisa memahami dan mengulang kembali materi saat kita dulu Orientasi PPPK atau diklat prajabatan yaitu pentingnya core value ASN berAkhlak ini.

Pada Future atau penerapan diantaranya saya berharap dapat melakukan  pembiasaan budaya positif pelayanan yang baik sesuai tujuan Undang undang nomor 5 tahun 2014 ASN berfungsi sebagai berikut : menjadi pelaksana kebijakan publik, menjadi pelayan publik, menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Dan melaksanakan pelayanan yang berpedoman 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), rasa empati dengan sesama, serta menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing - masing. Berikutnya yakni saya sebagai guru tenaga pendidik berusaha dan berupaya membentuk budi pekerti dan akhlak mulia serta kepedulian anak didik dengan lingkungan sekitar kita sehingga mencapai tujuan anak bangsa demi kebahagiaan dan masa depan mereka di masyarakat kelak.

Demikian refleksi learning jurnal episode 8 ini saya buat. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

 

 

         

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama