WAWANCARA PPK KECAMATAN PEMILU 2024

 

20 Bocoran Pertanyaan Tes Wawancara PPK


Seleksi calon anggota Badan Ad Hoc bagian PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk Pemilu 2024 akan segera memasuki tahapan seleksi pertanyaan wawancara di tanggal 11-13 Desember 2022.

Tahapan tes seleksi wawancara bertujuan untuk menguji pengetahuan calon anggota PPK seputar Pemilu.2024 dengan berbagai pertanyaan, sebelum resmi diangkat menjadi anggota PPK.

Seleksi tes menjawab pertanyaan ketika wawancara merupakan tahapan yang penting dalam proses seleksi calon anggota PPK untuk Pemilu 2024.

Karena, nantinya calon anggota PPK akan mengemban tugas sebagai penerima dan penyampai informasi mengenai daftar pemilih kepada KPU Kabupaten dan Kota, serta mengumumkan hasil rekapitulasi suara akhir Pemilu 2024.

Namun, tak perlu khawatir dalam menjalani seleksi wawancara, penguji akan percaya dengan Anda jika anda yakin dalam menjawab pertanyaan, jangan ragu-ragu, berusaha terlihat meyakinkan di depan penguji, jangan sampai Anda terlihat kebingungan.

Kunci utamanya yaitu tenang, persiapkan diri, dan pahami informasi-informasi yang sekiranya berkaitan dengan panitia Pemilu.

Kemudian ada juga pengetahuan umum seputar proses Pemilu.

Agar Anda lebih siap dan tidak bingung pada saat menjawab di tes wawancara, berikut beberapa bocoran pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat seleksi tes wawancara calon anggota PPK, simak dan cermati

1) Pemilu di Indonesia pertama kali dilaksanakan sejak tahun berapa? Jawaban: pada tahun 1955.

2) Apa asas Pemilu di Indonesia? Jawaban: Asasnya adalah, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. (Jawab secara langsung dan jangan bertele-tele)

3) Ada berapa prinsip Pemilu? Jawaban: ada 11 prinsip. (Jawab saja 11 prinsip, jika disuruh jelaskan, baru Anda jelaskan, jika tidak biarkan saja.)

4) Sebutkan salah satu atau lima partai politik yang ada di Indonesia? Jawaban:

5) Siapa Ketua KPU RI saat ini? Jawaban Hasyim Asy'ari

6) Siapa Ketua KPU Provinsi dan Kabupaten? Jawaban: - (Jawab sesuai Ketua KPU Provinsi dan Kabupaten Anda masing-masing)

7) Kapan pemungutan suara Pemilu 2024 digelar? Jawaban : 14 Februari 2024.

8) Sebutkan tugas-tugas PPK? Jawaban: melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan ditetapkan KPU Provinsi hingga Kabupaten/Kota dan PPK.

9) Siapakah pelaksana pemungutan suara pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah pada tingkat kecamatan, desa/kelurahan, dan tempat pemungutan suara? Jawaban: PPK, PPS, KPPS (tingkatannya harus sesuai, karena KPPS itu yang nanti akan bekerja serentak untuk pemilihan langsung).

10) Kegiatan apa yang dilaksanakan pada Kampanye pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah? Jawaban: kegiatan dalam rangka meyakinkan para pemilih, dengan menawarkan visi, misi, program dari pasangan calon.

11) Partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon apabila bagaimana? Jawaban: yaitu apabila memenuhi persyaratan perolehan sekurang-kurangnya 15 persen dari jumlah kursi DPRD atau 15 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu DPRD di daerah yang bersangkutan.

12) Jelaskan singkat profil Anda sebagai calon anggota PPK Pemilu 2024. Jawaban: (jelaskan diri kita secara singkat, gambarannya mulai dari nama, alasan mengikuti seleksi PPK, tujuannya apa, jelaskan apapun yang positif untuk membuat mereka yakin).

13) Apa saja komitmen Anda sebagai calon anggota PPK Pemilu 2024? Jawaban: integritas, profesionalitas, loyalitas, visi (integritas itu jujur, adil, dan mampu bekerja sama dengan orang lain), (profesionalitas itu bekerja sesuai dengan SOP), (loyalitas itu tidak berhenti di tengah jalan, mengabaikan tugas-tugas), (visi mensukseskan Pemilu 2024).

14). Coba Anda jelaskan pengetahuan tentang Pemilu? Jawaban: - (untuk pertanyaan ini luas jawabannya, biasanya mencakup tugas, wewenang, dan kewajiban PPK).

15) Jelaskan teknik pemungutan suara, penghitungan suara yang terkumpul dan cara menghitung jumlah suara yang terkumpul?

16) Kemampuan/keterampilan IT apa saja yang Anda kuasai untuk mendukung pekerjaan PPK? Jawaban: tunjukkan cara pengoprasian.

17) Apa pencapaian terbesar Anda? jawaban: (jawab yang berhubungan dengan posisi yang dilamar dan jawab secara profesional dan serius.

18) Kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk posisi ini? jawaban: - (berikan alasan Anda untuk meyakinkan penguji , yang penting jawab dengan tegas dan percaya diri, dengan kalimat yang sopan jangan bertele-tele. Bisa beri contoh berdasarkan kontribusi pengalaman Anda di perusahaan sebelumnya dan berikan skill yang sekiranya dapat membantu Anda menjalani posisi PPK).

19) Apa saja wewenang PPK Pemilu 2024? jawaban : wewenang PPK di Bab III No 3 tahun 2018 pasal 22, yakni mengumpulkan hasil penghitungan suara di TPS sesuai wilayah kerja.

20) Apa yang dimaksud dengan Pemilu? jawaban sarana kedaulatan rakyat untuk memilih DPR, anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Karena nantinya PPK akan dipilih lima orang, mulai dari Ketua PPK, Sekretaris, dan 3 anggota, maka kelima anggota ini harus mengetahui tugas wewenang dan harus memahami betul apa peran didalamnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama