JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN KE 1 DEDE YUSUF

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN (Ke-1)

Modul 1.1. Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional-KHD

Pendidikan Guru Penggerak

Angkatan 10 Kabupaten Bekasi Jawa Barat

 

Oleh: DEDE YUSUF

SMAN 1 CIKARANG TIMUR

 

 

Pada jurnal dwi mingguan ke-1 ini saya menggunakan model 4F, F yang pertama adalah Fact menggambarkan peristiwa apa saja yang saya alami selama pembelajaran 2 minggu ini.  F yang kedua adalah Feeling menggambarkan perasaan yang saya alami selama pembelajaran 2 minggu ini. F yang ketiga adalah Finding atau pembelajaran, jadi selama 2 minggu ini saya sudah memperoleh pembelajaran apa saja. Kemudian F yang terakhir adalah Future atau penerapan atau implementasi penjabaran perbaikan pengajaran/ KBM atau hal-hal apa saja yang peroleh selama pembelajaran 2 minggu ini.

          F yang pertama yakni Fact  atau peristiwa. Peristiwa yang pertama adalah saya mengikuti beberapa pertemuan virtual dengan ibu fasilitator saya yaitu Ibu Yuyun Yuningsih, M.Pd dari Cileunyi Bandung dan ada pertemuan pertama secara tatap muka yaitu Lokakarya Orientasi bersama pengajar praktik saya Bapak Angga Wahidin, S.Pd. Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa sehingga saya juga mampu menyelesaikan tugas-tugas yang terdapat pada LMS atau Learning Management System Guru Penggerak Modul 1.1 ini diantaranya yakni Tugas 1.1.a.4 Eksplorasi Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara : https://www.youtube.com/watch?v=kqfAKd7rSss, kemudian Ruang Kolaborasi 1.1.a.5.2 bersama rekan Guru Penggerak lainnya di link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=VoBxofsWhqs, dan membuat tugas video demonstrasi kontekstual pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang dapat diakses pada laman ini: https://www.youtube.com/watch?v=bDtudEJJyjk . Kemudian saya juga mengikuti webinar konferensi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Instruktur, dimana saya bisa mengamati dan mengambil hal-hal baik dari praktik baik sekolah yang sudah menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya, saya juga sudah menyusun koneksi antar materi berupa kesimpulan dan refleksi pemikiran Ki Hajar dewantara yang dapat diakses pada laman berikut ini: https://youtu.be/HFlWxjznVww?si=DKjg8Av5Tb9Fn_1x . dan yang yang terakhir adalah menentukan jadwal pendampingan individu dengan pengajar praktik.

          Feeling atau perasaan mengikuti pendidikan selama 2 minggu ini yakni seru, optimis, bahagia, senang dan mulai percaya diri saya meningkat. Kemudian Finding atau pembelajaran pada 2 minggu ini saya bisa mendemonstrasikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam karya kontekstual. Saya juga mengambil praktik baik dari pemikiran Ki Hajar Dewantara setelah saya mengikuti webinar konferensi filosofi Ki Hajar Dewantara Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10. Kemudian saya juga bisa menyimpulkan dan membuat refleksi pemikiran Ki Hajar Dewantara.

Pada Future atau penerapan diantaranya yang pertama yaitu pendidikan budi pekerti yang terintegrasi dengan pembelajaran. Yang kedua mendidik siswa dengan penuh rasa kasih sayang. Yang ketiga membentuk karakter dan budi pekerti yang baik dengan memberikan teladan yang baik kita sebagai pendidik dan melakukan pembiasaan budaya positif 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), rasa empati dengan sesama, serta menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan masing - masing. Yang keempat yakni membentuk kepedulian anak didik dengan lingkungan sekitar  kita.

Demikian refleksi dwi mingguan ini saya buat. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat.

 

 

Lampiran: Foto Kegiatan Lokakarya Orientasi dan Kegiatan Konferensi.

 






           

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama